Prosedur/Cara PEMBATALAN PEMESANAN di Agoda

pembatalan voucher agoda

Sebelumnya saya akan bawa anda pada kutipan atas pernyataan “Kebijakan AGODA” sebagai berikut :

Kebijakan Pembatalan

Terkecuali telah secara spesifik disebutkan sebaliknya di kebijakan pembatalan, agoda tidak mengenakan biaya pemrosesan untuk pembatalan.

Semua pembatalan yang diterima setelah tanggal jatuh tempo pembatalan yang tertera pada e-mail konfirmasi (termasuk permohonan yang dibuat dalam periode ini) akan dikenakan biaya pembatalan sebesar minimum 1 (SATU) malam, kecuali Anda mendapat pemberitahuan lain di e-mail konfirmasi.

Ketidakhadiran di hotel Anda akan dianggap sebagai keterlambatan pembatalan dan dikenakan biaya pembatalan minimum sebesar 1 (satu) malam per kamar, kecuali disebutkan lain pada e-mail konfirmasi.

Perubahan apa pun pada pesanan Anda harus dilakukan melalui agen kami dan bukan langsung dengan pihak hotel. Hal ini berlaku untuk perubahan tanggal, perpanjangan tinggal, check-out lebih cepat, penundaan kedatangan atau pembatalan penuh atau sebagian. Masalah atau pertanyaan mana pun mengenai pesanan Anda sebelum kedatangan atau selama Anda tinggal di hotel harus ditujukan ke agen Layanan Pelanggan kami. Kami harus mendapatkan pemberitahuan tentang semua pembatalan dalam jam kerja normal kantor kami dari jam 08:00-18:00 (GMT+7).

===========================================================

Saya telah melihat traffic dan pertanyaan yang datang dari hal yang berkaitan dengan “pembatalan Agoda” dan “kebijakan pengembalian/refund“. Tampaknya menjadi topik yang menarik bagi banyak orang, dan ada banyak posting forum dengan pertanyaan dan keluhan mengenai kebijakan mereka.
Ada juga tampaknya yang salah paham, dengan orang-orang meng-klaim ditipu saat mereka butuh untuk membatalkan atau mengubah tanggal, jadi saya pikir ini akan menjadi ide yang baik untuk menjelaskan perihal kebijakan tersebut sepanjang yang saya tahu tentunya.
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melihat pada kebijakan resmi, yang datang langsung dari halaman FAQ mereka.

========================================

Pastikan untuk memeriksa syarat/kondisi pemesanan sebelum melakukan booking. Setiap tipe kamar dan / atau Promosi akan memiliki persyaratan kebijakan pembatalan ini dan selalu ditampilkan pada halaman Booking Hotel. Untuk kenyamanan Anda, kebijakan ini juga terlihat  pada formulir pemesanan serta Email Konfirmasi Anda.

Mengenai biaya, harap dicatat bahwa biaya pemrosesan sebesar 15 USD (per pemesanan) akan diterapkan untuk semua pembatalan.

Perubahan lama tinggal juga dapat mengakibatkan biaya pembatalan. Ini termasuk mempersingkat tinggal  atau  revisi kedatangan sebelum dan setelah Anda check in , biaya ini ditetapkan oleh hotel, bukan Agoda.

Seorang yang tidak datang akan diperlakukan sebagai pembatalan dan Anda akan tetap ditagih sesuai harga berlaku. Anda harus memberitahu Agoda jika anda berencana untuk membatalkan pemesanan Anda.

=======================================
Nah, secara transparant, prosedur ini bisa anda baca sewaktu proses booking hotel, sebagaimana tertera berikut ini :
Klik Pada Gambar Untuk Mempejelas

Kondisi persyaratan pembatalan voucher ini berbeda antara satu hotel dengan hotel yang lain, antara satu booking dengan booking yang lain, jadi pastikan dulu bagaimana prosedur/persyaratan pembatalan voucher anda pahami dan setujui dengan benar-benar sebelum anda meneruskan pada proses pemesanan kamar. Memang, kelemahan kita nich, kebanyakan kita pada gak betah baca yang gituan…mo langsung-langsung aja.. hehehe.. tapi untuk yang ini, kudu wajib anda pelajari, sebelum mengklaim Agoda terlalu jauh. Lihat, bukan hanya sekali AGODA memberikan penjelasan dan mengingatkan anda. Bahkan sebelum anda melakukan pembayaran juga Agoda masih tetap mengingatkan customernya! Jadi kalo memang jadwal sudah Oke, silahkan dilanjutin untuk pembayaran vouchernya.


===================

Sebenarnya ada 2 (dua) jenis Pemesanan Kamar dalam Agoda :
#1. Non -Refundable  (gak bisa di re-fund/Cancel)
Yang Non-Refundable, itu biasanya yang PROMO atau HARGA PALING MURAH, jadi tidak bisa lagi di modifikasi. Ini sama dengan pesan tiket pesawat promo, kagak bakalan bisa di batalin…kalo gak terbang yach hangus!

Namun Apabila Anda Masih Nekad Ingin membatalkan kamar "non refundable" sebaiknya kirim email ke Team Agoda berikan alasan yang kuat dan masuk akal sehingga team agoda bisa membantu meloby hotel untuk bisa membatalkanya secara gratis (tidak jaminan/namun beberapa kasus bisa)

#2. Refundable (bisa di refund/cancel).

Nah, yang No.2 (Refundable), ini juga ada 3 katagori :

#a. Cancel (7) days before Arrival.

Setiap pembatalan yang diterima kurang dari 7 hari (s) sebelum kedatangan akan dikenakan biaya pembatalan, sebesar 1 (s) biaya malam. Kegagalan untuk tiba di hotel Anda akan dianggap sebagai keterlambatan pembatalan. Ini akan dikenakan 1 malam (s) biaya pembatalan.


 #b. Cancel (3) days before Arrival. Setiap pembatalan yang diterima kurang dari 3 hari (s) sebelum kedatangan akan dikenakan biaya pembatalan, sebesar 1 (s) biaya malam. Kegagalan untuk tiba di hotel Anda akan dianggap sebagai keterlambatan pembatalan. Ini akan dikenakan 1 malam (s) biaya pembatalan.

#c. Cancel (1) day before Arrival.

Setiap pembatalan yang diterima kurang dari 1 day (s) sebelum kedatangan akan dikenakan biaya pembatalan, sebesar 1 (s) biaya malam. Kegagalan untuk tiba di hotel Anda akan dianggap sebagai keterlambatan pembatalan. Ini akan dikenakan 1 malam (s) biaya pembatalan.

Proses pembatalan ini juga berbeda-beda di setiap Hotel, contohnya ini :

=======================================

Check out this whopper of a cancellation policy at the 5 star Golden Tulip Mangosteen Resort & Spa.
Any cancellations received less than 21 day(s) before arrival will be subject to a cancellation fee, in the amount of 50% of total amount. Any cancellations received less than 14 day(s) before arrival will be subject to a cancellation fee, in the amount of 100% of total amount. Failure to arrive at your hotel will be treated as a late cancellation. This will incur 100% of total amount.

=======================================

Jadi memang banyak client yang mengeluh dan berkomentar aneh-aneh di Forum-Forum tentang kebijakan Pembatalan Agoda, tetapi sebenarnya MEREKA sendiri  mengabaikan untuk membaca dengan teliti kebijakan tersebut sewaktu akan melakukan pemesanan hotel, apakah kebijakan tersebut datangnya dari pihak Agoda ataukah dari pihak Hotel yang bersangkutan.

Nah, bagaimana caranya untuk menghindari biaya pembatalan voucher ????

  • Luangkan waktu untuk membaca kebijakan pembatalan dari masing-masing hotel   SEBELUM Anda membuat reservasi.
  • Lakukan Booking Hotel (Reservasi) hanya bila Anda tahu pasti bahwa Anda dapat melakukan perjalanan pada tanggal tersebut dan tidak perlu membatalkan, atau melakukan perubahan tanggal.
  • Lakukan booking di dekat tanggal perjalanan anda, sehingga peluang untuk merubah jadwal jadi kecil.
  • ==================

    PROSEDUR PEMBATALAN

    OK, buat anda yang melakukan pemesanan online Agoda secara langsung (dengan CreditCard sendiri).

        Silahkan login terlebih dahulu pada “Layanan Mandiri Agoda
        ID Anggota (email) dan Password umumnya telah anda terima via email secara otomatis dari Agoda bersamaan dengan email yang berisi Voucher Agoda pemesanan anda. Coba cek kembali email anda, setelah melakukan konfirmasi pembayaran untuk pertama kali, anda akan menerima 2 (dua) email dari agoda yakni : Email yang berisi Voucher Agoda dan Email yang berisi Username & Passwords. Nah Username dan password ini mohon disimpan ..

        Setelah anda berhasil Login, anda akan mendapatkan link untuk : UBAH TANGGAL, BATALKAN VOUCHER, MODIFIKASI PESANAN, BUAT PERMINTAAN KHUSUS PADA PIHAK HOTEL, DAN LAIN-LAIN. Untuk pembatalan, silahkan lakukan melalui Link yang tersedia tersebut.
        Dana pembatalan order tersebut akan masuk kembali ke CreditCard pada 15-30 hari kerja secara otomatis.

    ARTIKEL PILIHAN

    SERU 14 Hotel Resort di Yogyakarta (Jogja) Ramah Anak ada Playground,Kids Corner/club,Waterpark,Minizoo

    HIT 10 Hotel di Malang Ramah Anak ada Fasilitas Playground WaterPark Kids Club

    WAH, 15 Hotel di Semarang Ini Ramah Buat Anak Ada Playground, Kids Club, dan Waterpark Lho

    5 CARA CERDAS Pesan hotel di AGODA TANPA KARTU KREDIT

    MANTUL 20 Hotel di Yoyakarta (Jogja) ini Ada Fasilitas Bathtub Murah

    13 Hotel di Surabaya Ramah Anak Fasilitas PLAYGROUND/Kids Corner